FGMI Talk: yang Muda, yang Berkarya

FGMI Talk 1

Balikpapan, Oktober 2015 – Bulan Oktober 2015 kemarin, Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) mengadakan perhelatan besar tahunan, yang pada tahun ini bekerjasama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI), dan Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Minyak dan Gasbumi Indonesia (IAFMI) menyelenggarakan acara Join Convention Balikpapan (JCB) 2015.

Memanfaatkan momen langka tersebut, FGMI menggunakan kesempatan tersebut dan mengumpulkan anak-anak muda inspiratif untuk berbagi cerita dengan anak muda lainnya. Acara tersebut dinamakan dengan “FGMI Talk: yang muda, yang berkarya”.

Rabu, 7 Oktober 2015, bertempat di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, lebih kurang 80 anak muda berkumpul di Mirror Room untuk menghadiri acara diskusi interaktif dengan para pemuda pilihan. Acara dibuka dengan sambutan FGMI, Aveliansyah, dilanjutkan oleh sambutan Ketua HAGI Bapak Dicky Rahmadi yang sekaligus memberikan pemaparan tentang kondisi dan tantangan dunia migas indonesia. Sebagai penutup sambutan, Ketua IAGI Bapak Sukmandaru juga memberikan presentasi singkat mengenai kondisi dunia pertambangan Indonesia.

Didit Putra yang bertindak sebagai moderator segera mengundang 4 orang pembicara untuk duduk ke depan, lalu mempersilahkan mereka satu per satu untuk menyampaikan materi. Pembicara pertama adalah Julianta Parlindungan, beliau adalah salah satu anak muda yang sangat aktif berkontribusi memajukan ilmu kebumian nasional, dia merupakan pendiri dari Komunitas Petrophysic Indonesia, aktif di Young Profesional IATMI, dan Dewan Penasihat FGMI. Bang Jul (sapaan akrab beliau) menebarkan semangat nasionalisme kepada para peserta, ia juga mengajak anak-anak muda untuk terus berkarya sejak dari bangku kuliah. Pembicara kedua adalah Dwandari Ralanarko, ia adalah pendiri dari Geotour Indonesia yang aktif mempromosikan geotourism di Indonesia. Beliau menceritakan pengalamannya mendirikan GeotourID, serta beberapa aktivitas yang telah dilakukannya, ia juga mengajak para peserta untuk tergabung kedalam geomates sehingga bisa terkoneksi satu sama lain.

Pembicara ketiga adalah Ryan Cahya Rohmana, salah satu pencetus lahirnya Geotage, yaitu sebuah aplikasi smartphone yang bisa mendokumentasikan foto-foto geologi dengan baik. Ryan menceritakan bagaiman system kerja dari aplikasi ini, dan beberapa peserta juga sudah mengunduh aplikasi ini di smarphone mereka sehingga ketika Ryan memberikan kuis, banyak peserta yang bisa menjawab. Pemateri terakhir adalah Tokoh Dongeng Geologi Indonesia, yang juga merupakan Dewan Penasihat IAGI, yaitu Bapak Rovicky Dwi Putrohari. Pakdhe Rovicky (sapaan akrab beliau) mengajak anak muda untuk kreatif dalam menghadapi tantangan di masa depan yang semakin sulit, dan kita juga harus memanfaatkan bonus demografi pada rentang tahun 2020-2030 dimana penduduk dengan usia produktif akan mendominasi populasi penduduk negara ini.

FGMI Talk 4
FGMI Talk 2
FGMI Talk 5
FGMI Talk 3

 

Redaksi FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id