Day 2: Kompetisi Utama GEOSC 2016

Hari kedua kompetisi Geostudent Competition (GEOSC) 2016 padat dengan agenda utama yaitu kompetisi antar SM (Seksi Mahasiswa). Rangkaian perlombaan terdiri atas lomba wawasan geosains, presentasi riset, deskripsi batuan dan core, eksplorasi mineral, geologi teknik, desain survey G&G, dan lomba geologi teknik.

Pada jam 7.30, peserta langsung melaksanaan lomba pertama yaitu wawasan geosains. Pada sesi ini, terdapat 1 paket soal pilihan ganda yang harus dikerjakan oleh masing-masing tim. Lomba berlangsung selama 30 menit.Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan resmi oleh Mas I Putu Ary Wijaya sebagai ketua GEOSC 2016, Dr rer.nat. Abdul Haris, M.Sc (dekan FMIPA UI), dan Pak Wahyu Triyono (PHE ONWJ).

Pembukaan oleh Dekan FMIPA UI, Dr.rer.nat Abdul Haris M. Sc.
Pembukaan oleh Dekan FMIPA UI, Dr.rer.nat Abdul Haris M. Sc.

Setelah mengikuti pembukaan, peserta kembali melanjutkan rangkaian lomba yang kedua, yaitu lomba presentasi riset. Sebagai bagian dari kompetisi, tiap tim SM telah melakukan riset selama 6 bulan dengan topik ilmu dasar kebumian. Tema yang diangkat para peserta cukup bervariasi (geolistrik, CBM, eksplorasi emas, mitigasi bencana), dengan dominasi pada tema geowisata dan geoheritage. Presentasi dilaksanakan pada dua ruangan yang terpisah, yaitu B101 FMIPA UI dan Aula Terapung.

Setelah istirahat makan siang, acara dilanjutkan dengan lomba yang dilaksanakan secara paralel. Tim SM yang terdiri atas 3 orang memisahkan diri untuk masing-masing mengerjakan tantangan yang berbeda. Sub lomba pertama adalah eksplorasi mineral, dimana peserta diminta menentukan daerah prospek mineral logam berdasarkan soal dan stream sedimen. Sub-lomba kedua adalah lomba geologi teknik, yaitu menentukan besaran slope untuk open pit batubara.

sesi lomba core description
sesi lomba core description

Pada malam hari, rangkaian lomba masih belum berakhir. Tim kembali berkumpul untuk bersama-sama memecahkan soal desain survey G&G di Aula Terapung UI. Tim harus menentukan lintasan seismik berdasarkan data gravity. Terakhir, pada lomba evaluasi log dan perhitungan volumetrik reservoir, peserta menganalisis 8 sumur untuk menentukan jumlah cadangan minyak pada reservoir.

Peserta mengerjakan lomba evaluasi log
Peserta mengerjakan lomba evaluasi log

Setelah menjalankan kompetisi selama seharian penuh, peserta beristirahat untuk esok paginya bersenang-senang dalam games pagi, talkshow tentang peran geosaintis muda di Indonesia, musyawarah antar SM IAGI, dan akhirnya akan mengikuti penutupan dan pengumuman pemenang pada 8 Oktober 2016 malam.

Admin2 FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id