FGMI GeoRafting dan Geocommunity 2013: Berbagi Inspirasi

Tim FGMI beserta para siswa SMA DArul Faizin, Caringin Bogor.

Caringin, FGMI Online – Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI) baru saja mengadakan kegiatannya FGMI GeoRafting & Geocommunity 2013, sabtu lalu (16/02). Acara seru dan menatang yang dilaksanakan di Sungai Cisadane, Caringin Bogor ini diikuti para peserta dari berbagai instansi.

Setelah para peserta berkumpul, tepat pukul tujuh  pagi, bis rombongan FGMI pun diberangkatkan. Membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk mencapai lokasi.  Kemacetan selama perjalanan tidak mengurangi semangat para peserta.

Begitu memasuki daerah Caringin, bis FGMI segera menuju  SMA DArul Faizin Caringin tempat  GeoCommunity berlangsung. Dengan membawakan tema “Berbagi Inspirasi”, para tim FGMI memberikan gambaran tentang berbagai profesi dalam dunia kerja. Setiap kali tim FGMI memberikan inspirasi dan motivasi, para siswa SMA ini menyimak dengan sangat seksama. Juga para siswa ini sangat antusias mengikuti acara, terbukti banyak ppertanyaan yang disampaikan selama berjalannya acara. Selain kegiatan tanya jawab FGMI juga membuat quiz dengan berbagai macam pertanyaan yg berhubungan profesi.

Pada kesempatan ini tim FGMI juga menyampaikan pembelajaran ilmu geologi dasar dan mitigasi bahaya geologi kepada para siswa. Materi yang disampaikan antara lain tentang struktur bumi, tektonik lempeng, gempa bumi dan vulkanisme. Berbekal media poster, tim FMGI mengemas sesi ini dengan penyampaian sederhana dan mudah dimengerti. Para siswa tampak serius mengikuti sesi ini, karena sebagaian besar mereka mengaku materi ini merupakan hal baru yang mereka dapatkan. Menariknya lagi selain penjelasan dan diskusi tema tersebut, para siswa menanyakan mengenai tanah longsor dan energi geothermal.

Setelah acara pertama, para peserta FGMI GeoRafting & Geocommunity 2013 segera menuju ke tempat rafting. Lintasan Sungai yang diarungi ini merupakan tingkatan mid level sehingga cukup tantangan bagi para pemula yang belum pernah melakukan rafting sebelumnya. Penggunaan perlengkapan keselamatan dan persiapan tindakan medis pun sudah disiapkan tim FGMI. Selama kurang lebih tiga jam peserta diajak mengarungi lintasan penuh dengan lika-liku dan jeram. Seluruh peserta pun berhasil mencapai garis akhir dengan kondisi selamat. Mesti hujan turun sepanjang kegiatan rafting berlangsung, tampak peserta sangat gembira dan menikmati kegiatan ini.

FGMI mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan panitia Mbak Agresty Paras Yuanita (Price Water House Coopers) dan Mbak Fadinila (Sugico-CBM) atas kerja kerasnya sehingga membuat acara ini terwujud. Sampai jumpa dikegiatan FGMI yang akan datang. (pt/aa)

FGMI yang dibentuk sebagai wadah bagi para profesional muda serta mahasiswa dalam bidang geosain, bertekad dengan semangat yang tinggi mengadakan kegiatan positif seperti ini. Hal ini dilakukan sebagai bagian dalam mewujudkan visinya, yaitu menjadi forum yang berperan besar terhadap pembentukan karakter, peningkatan kompetensi pemuda Indonesia, sehingga dihasilkan pemuda Indonesia yang memiliki daya saing tinggi di era globalisasi. Kami mengundang kamu semua untuk bergabung bersama kami, silakan daftarkan diri kamu di http://fgmi.iagi.or.id/registrasi.

admin

Administrator website FGMI. Email : sekretariat@fgmi.iagi.or.id

Leave a comment

  • Jaringan

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id