Cerita dibalik Ulang Tahun Pertama FGMI

Pengurus dan Anggota FGMI dalam acara Ulang Tahun FGMI yang pertama, beberapa waktu yang lalu.

Jakarta, FGMI Online -Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI) dicetuskan pada tanggal 25 Maret 2012 dan dikukuhkan pada saat acara PIT IAGI ke- bertempat di Bandung, Jawa Barat. Tepat satu tahun, pada tanggal 25 Maret 2013, pengurus FGMI memperingati hari lahirnya yang pertama di Solaria-Setia Budi, yaitu merupakan tempat di mana beberapa pemuda berkumpul dan mencetuskan adanya FGMI dicetuskan pada saat beberapa pemuda berkumpul di tempat tersebut.
Tak terasa satu tahun berlalu, banyak kegiatan-kegiatan baik yang bersifat keilmuan, membantu sesama, ataupun berbagi keceriaan telah dilakukan. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan diantaranya adalah ESK (Experience Sharing Knowledge) yang telah diadakan sampai tujuh kali, pembuatan E-Buletin FGMI yang telah terbit sebanyak tiga kali, FGMI Peduli yang telah menyalurkan bantuannya kepada korban banjir Jakarta dan korban letusan Gunung Rokatenda, FGMI Goes to Campus, Georafting, dan masih banyak yang lainnya.Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan guna menyebarluaskan keberadaan FGMI, memperkuat kebersamaan geosaintis muda, dan mewujudkan visi dan misi dari FGMI itu sendiri.
Dalam kurun waktu satu tahun ini, FGMI juga telah berhasil menggandeng berbagai perusahaan untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung segala kegiatan yang dilakukan oleh FGMI. Berbagai perusahaan tersebut adalah Chevron, Vico, Pertamina EP, EID, Bunga Mas Rampai, Alat Geologi.com, Tandike Indonesia, Ranseloke.com, Park Hotel Cawang.
Atas dukungan dari berbagai pihak, baik teman-teman pengurus FGMI, anggota FGMI, organisasi-organisasi lain yang turut mendukung seluruh kegiatan FGMI, dan berbagai perusahaan rekanan, serta IAGI sebagai motivator dan pendukung utama tersebutlah yang membuat FGMI tumbuh, terbentuk pondasi yang kokoh, dan terus berkembang pesat. Untuk itu, dalam memperingati hari jadi yang pertama FGMI, kami mengadakan acara syukuran yang terbuka untuk umum dan tamu-tamu undangan untuk berbagai organisasi dan perusahaan yang telah turut berperan dalam kehidupan FGMI selama ini. Diangkat dari kesuksesan kebersamaan FGMI yang telah terbentuk selama ini maka tema dari acara syukuran ulang tahun FGMI yang ke-1 adalah “Setahun Perjalanan Tumbuhkan Kebersamaan, Kualitas, dan Ciptakan Masa Depan Dalam Dunia Geoscientist”.
Meski pada tanggal 6 April 2013 pagi hari sempat turun hujan rintik-rintik, acara syukuran FGMI yang ke-1, bertempat di D’Solo Resto daerah Melawai, Jakarta Selatan tetap berlangsung. Dimulai dari pembukaan , menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya yang dilakukan dengan hikmat dan sambutan-sambutan yang diberikan oleh ketua panitia, Rachmadhea Perwitasari (Geophysicist Pertamina EP Aset1), ketua FGMI, Bhaskara Aji (Production Geologist SKKMIGAS), dan Ketua IAGI yang diwakilkan oleh Bapak Moch. Syaiful (Dirut EID). Diselingi oleh video dokumentasi kegiatan-kegiatan yang telah diadakan oleh FGMI selama setahun berdiri kemudian disambung dengan acara talk show bersama dengan tema “Harapan dan Tantangan FGMI dalam masa depan geosaintis”. Hingga sampailah pada puncak dari acara ini, yaitu pemotong tumpeng nasi kuning yang telah disiapkan oleh panitia. Selanjutnya acra makan bersama dan ramah tamah yang diiringi oleh band The Mints.
Acara berjalan lancar dan sukses, diramaikan oleh tamu-tamu undangan, pengurus FGMI, anggota FGMI, maupun professional muda, serta mahasiswa-mahasiswa dari beberapa universitas, seperti Trisakti, Undip, Unsoed, Unsri, dll.
FGMI mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan teman-teman professional muda ataupun mahasiswa yang turut meramaikan dan mensukseskan acara ini serta kepada Rachmadhea dan segenap panitia yang telah membuat acara ini berlangsung lancar.

Admin2 FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id