Goa Karst Buniayu: Bentang Alam Pegunungan Karst di Bawah Endapan Aliran Piroklastik

Masih ragu untuk mengunjungi goa karst Buniayu? Selain asyik, kamu juga bisa menggali ilmu tentang pembentukan kawasan karst Buniayu lho. Wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk bermain sambil belajar tentang geologi pembentukan kawasan Karst Buniayu.

Kawasan karst Buniayu terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Kawasan karst Buniayu merupakan kawasan karst yang sangat dominan dengan karakteristik morfologi karst, terutama keberadaan sungai bawah tanah, gua dan deretan perbukitan di kawasan pegunungan karst. Kawasan karst Buniayu secara umum memiliki sistem aliran bawah tanah dalam bentuk peronggaan atau gua dan rekahan yang menyebabkan kawasan karst Buniayu memiliki kompleksitas morfologi dan ciri geologi yang menarik untuk geowisata.

Kawasan karst Buniayu terletak pada bagian Selatan Kabupaten Sukabumi. Pada Kawasan karst Buniayu didominasi oleh batugamping terumbu. Berdasarkan hasil pengamatan batugamping yang singkap membentuk morfologi karst terutama pada kawasan Buniayu, selain itu pada satuan ini dijumpai aliran sungai bawah tanah dan fitur-fitur yang ada pada kawasan gua karst seperti stalaktite dan stalakmite.

Berdasarkan Clements dan Hall (2007) menjelaskan aktivitas vulkanik yang terjadi pada Selatan Pulau Jawa terhenti pada kala Miosen Tengah yang dicirikan dengan tidak terbentuknya endapan hasil material vulkanik yang menyebabkan terendapkan Batugamping di Kawasan karst Buniayu pada Miosen Tengah dan tumbuh di atas Satuan Breksi pada formasi jampang pada lingkungan Neritik Tengah yang bersumber dari arah utara serta pengendapan karbonat diatas busur pegunungan selatan.

Keunikan bentang alam dan sejarah pembentukan goa karst Buniayu tentu menjadi daya tarik sendiri bagi para geologis maupun mahasiswa yang ingin belajar. Selain itu keindahan alam di dalam goa juga sangat menarik bagi kamu yang memang menyukai wisata alam. Pilihan berwisata di goa karst Buniayu adalah pilihan tepat yang tentu saja anti-mainstream.

Dalam upaya peningkatan serta pengelolaan pariwisata berbasis pendidikan dan konservasi untuk melindungi sumber daya alam harus dilaksanakan dengan pelayanan yang baik bagi wisatawan yang berkunjung dengan membuat jalur geotrail yang aman dengan jalur evakuasi yang tepat karena kawasan tersebut merupakan kawasan gua dan air terjun terjal untuk mengurangi resiko bahaya. Selain itu, hasil kajian memberikan hasil interpretasi berupa papan penjelasan fitur geologi yang disertai dengan peta risiko bencana geologi.

Bagimana? Semakin tertarik untuk mengunjungi goa karst Buniayu? Tapi ingat ya, pastikan kondisi tubuh sehat dan bugar sebelum kamu memutuskan untuk menjelajahi goa Buniayu ini. Menjelajahi goa karst Buniayu juga sangat aman bagi kamu yang masih pemula, karena akan ada pemandu dan fasilitas penyewaan alat untuk susur goa. Kabar baiknya, goa karst Buniayu tetap buka walau ditengah masa pandemi Covid-19. Tapi kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan kebijakan pengelola kawasan wisata ya.

 

Penulis : Bagaskara Wahyu P, Eka Fitriani, Muhammad Fariz AJ

Admin2 FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Follow Us On Instagram

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id