Gali Semangat Berprestasi di Inspirasi Geologi

Pada hari Jumat tanggal 31 Agustus 2018, telah dilaksanakan salah satu program kerja unggulan Ikatan Alumni Teknik Geologi Universitas Sriwijaya (IKA GEO Sriwijaya) yang diberi nama Inspirasi Geologi. Kegiatan Inspirasi Geologi berupa aktifitas peliputan video wawancara dengan sejumlah narasumber yang merupakan insan geosaintis inspiratif dan dinilai memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang ilmu kebumian. Topik wawancara meliputi hal-hal yang berkaitan dengan perjalanan hidup narasumber hingga meraih kesuksesan dan disertai dengan pembahasan isu terkini maupun pembahasan teknis mengenai ilmu kebumian, khususnya geologi. Setiap hasil peliputan wawancara akan dipublikasikan di sejumlah media publikasi digital IKA GEO Sriwijaya (channel YouTube dan instagram @ikageosriwijaya) agar inspirasi dan informasi yang terdapat pada setiap edisi Inspirasi Geologi dapat tersebar secara luas ke setiap insan geosaintis di Indonesia.

Pada Inspirasi Geologi edisi perdana kali ini, narasumber yang diundang untuk berbagi inspirasi adalah Nurcholis, S.T. yang merupakan Ketua Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI). Wawancara tersebut dipandu oleh Muhammad Addiansyah, S.T.  yang merupakan Ketua IKA GEO Sriwijaya dengan topik pembahasan seputar perjalanan hidup Ketua FGMI, aktifitas dan program kerja FGMI, kondisi terkini karir Geosaintis Muda Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0, dan strategi yang perlu dipersiapkan oleh Geosaintis Muda Indonesia agar dapat beradaptasi dengan baik pada Era Revolusi Industri 4.0.

Gambar 1. Proses peliputan Inspirasi Geologi bersama Ketua FGMI

Berdasarkan hasil wawancara tersebut, diketahui bahwa Era Revolusi Industri 4.0 yang saat ini tengah berlangsung ditandai dengan meningkatnya interaksi antara manusia, instrumen industri, dan sumber daya lainnya melalui teknologi informasi dan komunikasi. Pada industri kebumian mulai diterapkan big data, augmented intellegence, dan internet of things pada aktifitas eksplorasi-produksi dan pengelolaan data sumberdaya alam. Sehubungan dengan adanya proses digitalisasi pada industri kebumian tersebut, maka Ketua FGMI mengajak seluruh Geosaintis Muda Indonesia untuk segera mengupgrade kemampuan diri dalam penggunaan teknologi, namun tetap disertai dengan upaya peningkatan pengetahuan konseptual dan teknis industri kebumian. Strategi lain yang dapat dilakukan oleh Geosaintis Muda Indonesia dalam proses penyesuaian Era Revolusi Industri 4.0 adalah memahami Making Indonesia 4.0 yang merupakan roadmap untuk mengimplementasikan sejumlah strategi Pemerintah Republik Indonesia dalam memasuki Era Revolusi Industri 4.0, sehingga Geosaintis Muda Indonesia dapat memahami perubahan orientasi industri di Indonesia dan mulai tergerak untuk membekali diri dengan kemampuan-kemampuan yang diperlukan agar dapat tetap berkarir dan berprestasi dengan baik di Era Revolusi Industri 4.0.

Setelah hampir 30 menit melakukan peliputan wawancara, narasumber menyampaikan closing statement bahwa Geosaintis Muda Indonesia tidak perlu terlalu khawatir dengan adanya Revolusi Industri 4.0, dan yang terpenting adalah Geosaintis Muda Indonesia harus segera mengupgrade kemampuan diri sesuai dengan perkembangan teknologi dan instrumen baru yang digunakan pada industri kebumian. Setelah penyampaian closing statement tersebut maka peliputan wawancara ditutup dengan teriakan tagline “Inspirasi Geologi, Salam Inspirasi!” oleh Ketua FGMI dan Ketua IKA GEO Sriwijaya. Setelah peliputan wawancara dengan Ketua FGMI tersebut selesai, kegiatan selanjutnya berupa ramah tamah dan diskusi ringan Tim IKA GEO Sriwijaya bersama Ketua FGMI.

Harapannya, dalam waktu dekat IKA GEO Sriwijaya dapat segera kembali melakukan peliputan wawancara Inspirasi Geologi edisi berikutnya dengan narasumber yang tidak kalah inspiratif dengan Ketua FGMI, sehingga akan ada banyak inspirasi dan semangat berprestasi yang dapat disebarkan kepada seluruh insan geosaintis di Indonesia.

“Inspirasi Geologi, Salam Inspirasi!”

Gambar 2. Foto bersama Ketua FGMI dengan Tim IKA GEO Sriwijaya

Admin2 FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Follow Us On Instagram

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id