FGMI Launching Kuliah Online bersama ASPRODITEGI

Berkembangnya era digital yang sangat cepat ini membuat mahasiswa dan dosen perlu inovatif dan update mengenai dunia digital. Indonesia saat ini mempunyai 34 jurusan Teknik Geologi yang tersebar dari aceh hingga papua, tentunya untuk menjangkau semua universitas terebut akan mengalami kendala waktu dan biaya. Kuliah online menjadi solusi bagi banyaknya kampus-kampus Geologi dan Geofisika untuk memperdalam ilmu lebih cepat dan harapannya pemerataan pendidikan geologi bisa tercapai. Media Youtube merupakan media terbaik dan termudah untuk dilakukannya kuliah online, selain bisa mengulang kembali tema yang sudah di unggah sebelumnya, mahasiswa juga bisa kapan saja membuka video tersebut dan bisa melihat pemaparan para ahli di bidanggnya masing-masing.

Asosiasi Program Studi Teknik Geologi (ASPRODITEGI) mempunyai visi yang sama dengan FGMI, sehingga FGMI menggandeng ASPRODITEGI untuk menyebarkan dan membantu pembuatan video Kuliah Online tersebut. Pada hari sabtu, tanggal 9 Desember 2017 dalam acara temu komunitas kebumian telah dilaksanakan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak untuk saling membantu dalam pembuatan kuliah online dan menyebarkan ke para dosen di seluruh Indonesia. Pak Burhanudin sebagai ketua ASPRODITEGI sekaligus wakil ketua IAGI dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kuliah online ini sangat baik dan akan sangat membantu bagi percepatan pemerataan pendidikan geologi di Indonesia.

Tema Geothermal dipilih bulan Desember ini untuk melihat antusias mahasiswa dan komentar para Bapak/Ibu Dosen Geologi dan Geofisika. Narasumber tema tersebut adalah Hafiz Hamdalah, S.T, M.T yang menjelaskan dari pengenalan sampai metode Geologi, Geofisika dan Geokimia dalam Eksplorasi Geothermal, video yang akan diunggah dibagi dalam 5 bagian, dimana setiap bagian akan  diunggah satu minggu sekali dari tanggal 9 Desember. Untuk melihat kuliah online tersebut, cukup membuka Youtube dari laptop atau handphone, kemudian cari “FGMI channel” maka akan muncul video-video yang sudah diunggah atau klik link berikut https://youtu.be/uBwAV6zq91s

Sambutan dari Bp. Burhanudin
Foto Ketua FGMI dan Ketua Asproditegi

Redaksi FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Follow Us On Instagram

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id