Wisata Sambil Belajar di Kawasan Geowisata Goa Karst Buniayu

Berwisata di era modern saat ini menjelma seakan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Salah satu jenis wisata yang menjadi favorit dan hype lagi khususnya bagi kawula muda seperti kamu, iya kamu, adalah berwisata bertema alam. Ini tergambar dengan banyaknya postingan anak muda seperti kamu dengan tagline need vitamin sea “, “ sudah rindu ketinggian “, dan masih banyak lagi. Jika wisata ke gunung atau pantai sudah terlalu mainstream, kamu bisa mencoba berwisata menyusuri perut bumi di Goa Kawasan Karst Buniayu.

Beberapa goa yang ada di kawasan Karst Buniayu antara lain Goa Caringin, Goa Landak, Goa Cipicung dan Goa Buniayu. Selain menikmati keindahan struktur goa, kamu juga bisa sembari belajar geologi pembentukan goa dan hal menarik lainnya di kawasan karst Buniayu.

Lokasi Goa Buniayu sendiri berada di Desa Kerta Angsana, Sukabumi, Jawa Barat. Kamu harus menempuh perjalanan setidaknya satu jam untuk bisa menikmati keindahan Goa Buniayu yang berjarak 28 km dari Kota Sukabumi. Perjalanan menuju Kawasan Goa Buniayu dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi (motor dan mobil) atau menggunakan moda transportasi umum. Untuk masuk ke kawasan Goa Buniayu kamu hanya butuh merogoh kocek Rp 5.000/orang dan kamu sudah bisa menikmati pemandangan khas kawasan karst. Jika ingin mencoba masuk ke goa horizontal maka dikenai biaya Rp 20.000/orang. Sedangkan jika kamu ingin lebih menantang adrenalin, kamu bisa mencoba paket goa vertikal lengkap dengan pemandu dan perlengkapan susur goa seharga Rp 150.000/orang. Perlengkapan yang akan kamu dapatkan juga cukup lengkap seperti wear pack anti air, helm, sepatu boot, senter kepala, sarung tangan dan yang lainnya.

Saat menyusuri lorong-lorong Goa Buniayu, kamu akan disuguhkan pemandangan unik aneka ornamen goa yang cantik Seperti stalaktit dan stalagmit, drapery, gourdam, canopy, flowstone dan column. Di dalam goa kamu juga akan menemukan sungai bawah tanah sepanjang 2 meter dengan kedalaman bervariasi antara 0,5 hingga 3 meter. Dengan keunikan-keunikan tersebut, berwisata di Goa Buniayu sangat sayang untuk kamu lewatkan. Selain menarik, kamu juga bisa berwisata sambil belajar menyusuri Goa Karst Buniayu.

Berwisata di Goa Buniayu terlihat asyik dan anti mainstream, karena kamu akan mendapatkan banyak pengalaman yang tidak akan kamu temukan saat berwisata di destinasi lain. Tapi, untuk berwisata di Goa Karst Buniayu pastikan kamu dalam kondisi sehat dan bugar. Disarankan untuk berolahraga terlebih dahulu sebelum berkunjung dan menyusuri lorong-lorong Goa Buniayu. Karena kondisi goa yang cukup terjal dan berlumpur. Jadi kamu akan bisa maksimal menikmati dan mengabadikan momen menyusuri keindahan perut bumi di Goa Buniayu.

Penulis : Bagaskara Wahyu P, Eka Fitriani, Muhammad Fariz AJ

Admin2 FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Follow Us On Instagram

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id