Geostudent Competition 2017 sukses diselenggarakan di Yogyakarta

Yogyakarta, FGMI – November 2017 Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) sukses mengadakan acara Geostudent Competition(GEOSC) dan Seminar bertempat di Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 17 Perwakilan SM-IAGI dari berbagai Universitas di Indonesia, mulai Universitas Syiah Kuala Aceh hingga Universitas Hasanudin Makasar. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 2 dan berakhir tanggal 4 November 2017.

Kegiatan hari pertama dimulai dengan acara pembukaan oleh Arif Zardi Dahlius, Ketua MGEI, mewakili Ketua Umum PP IAGI, Sukmandaru Prihatmoko, yang berhalangan. Hadir dalam dalam acara ini, Dekan Fakultas Teknologi Mineral, Bapak Suharsono, Ketua Jurusan Teknik Geologi UPN, Fitri, Ketua FGMI, Nurcholis, Ketua Panitia, Syukron Ady dan seluruh peserta. Dilanjutkan dengan perlombaan yaitu Geoteknik untuk mitigasi bencana, Geothermal, Log analysis, Petrologi, Presentasi poster geowisata dan soal wawasan geosaintis.

Hari kedua diadakan seminar nasional Perkembangan dan Tantangan Bisnis Geowisata di Indonesia yang dibawakan oleh Dr. Heryadi Rachmat (Badan Geologi/ Wakil ketua Masyarakat Geowisata Indonesia (MAGI), Reza Permadi (Sekjen MAGI) dan seniman Satriagama Rangkaseta dengan moderator Nurcholis (ketua FGMI). Dilanjutkan dengan Seminar Geothermal “Perkembangan Geothermal di Indonesia, Tantangan dan Peluang ke depan Bagi Geosaintis Muda” seminar ini dibawakan oleh Ir. Yunus Saefulhak, M.M, M.T. (Direktur Panas Bumi EBTKE, Kementrian ESDM) dengan moderator Hafiz Hamdalah (Pusat Studi Mineral dan Energi (PSME) UPNV Yogyakarta). Yunus menjelaskan perkembangan geothermal di Indonesia. Saat ini sudah terpasang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan kapasitas sebesar 1.808,5 MW dengan target tambahan 265 MW selesai pada tahun 2018. Apabila berhasil maka kapasitas terpasang PLTP menjadi 2.103,5 MW. Dengan demikian akan melampaui kapasitas PLTP Filipina. Sebagai informasi Filipina adalah peringkat 2 kapasitas PLTP dunia di bawah Amerika Serikat.

Pada malam hari dilanjutkan dengan acara pengumuman juara Student Competition. Tampil sebagai juara pertama dari ITB (Institut Teknologi Bandung) Bandung, kemudian juara kedua UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang dan juara ketiga UPN (Universitas Pembangunan Nasional) “Veteran” Yogyakarta sebagai juara ketiga. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Bapak Dr. Heryadi Rachmat.

Hari ketiga sebagai hari terakhir diisi dengan Fieldtrip Geoheritage. Para peserta diajak untuk berkeliling di area Yogyakarta hingga Bayat, Klaten sambil mempelajari warisan geologi yang menceritakan proses terjadinya pulau Jawa dengan narasumber Dr. Ir. C Prasetyadi M.Sc. (Koordinator Prodi Magister Teknik Geologi (MTG) UPN Yogyakarta).

Foto bersama setelah seminar Geowisata
Foto Bersama peserta dan Narasumber setelah seminar Geothermal
Stop site 1 (Tebing Breksi) Fieldtrip geoheritage
Foto Bersama seluruh peserta dan panitia GEOSC 2017

Admin2 FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Follow Us On Instagram

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id