Geostudent Competition 2017 Siap Dilaksanakan di Yogyakarta

 

Setelah sukses menyelenggarakan Geostudent Competition (GEOSC) yang pertama pada tahun 2016 dalam rangkaian acara Pre-Convention GeoSea dan 54 tahun IAGI, pada tahun 2017 ini akan dilaksanakan GeoStudent Competition ke-2. Berdasarkan musyawarah antar SM-IAGI yang mengikuti GEOSC pertama di Universitas Indonesia, diputuskan UPN “Veteran” Yogyakarta akan menjadi tuan rumah untuk ajang kompetisi dan silaturahmi seluruh SM-IAGI yang ada di Indonesia. GEOSC ini akan diadakan pada tanggal 2-4 November 2017 yang terdiri dalam berbagai rangkaian acara.

GEOSC yang kedua ini akan diikuti oleh 18 SM-IAGI dari seluruh Indonesia. Tanggal 2 November 2017 akan dilaksanakan perlombaan dengan 6 kategori, yaitu Geothermal, Analisa Log, Petrologi, Mitigasi Bencana, Poster Geowisata dan Wawasan Geosaintis. Masing-masing SM-IAGI yang diwakili 3 orang akan mengikuti semua kategori lomba tersebut. Khusus untuk Geowisata, para peserta akan mempresentasikan penelitiannya dihadapan juri. Lomba akan dilakukan dari pagi sampai sore hari. Tanggal 3 November 2017, akan dilakukan diskusi SM-IAGI dengan FGMI kemudian akan diisi seminar tentang perkembangan geopark di Indonesia dan ditutup malam harinya dengan pengumuman pemenang lomba dan penampilan kesenian dari masing-masing perwakilan SM-IAGI dan panitia.

Acara hari terakhir, 4 November 2017 akan dilaksanakan fieldtrip Geoheritage di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan instruktur Bapak C. Prasetyadi yang merupakan salah satu dosen geologi UPN “Veteran” Yogyakarta. Stopsite pertama akan dimulai dari Candi Ijo yang berada di Kalasan kemudian akan diteruskan ke Lava Bantal di Berbah dan stopsite ke tiga akan mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran, perjalanan berikutnya menuju ke daerah Bayat untuk mengunjungi Watu Prahu. Fieldtrip ini akan sangat bermanfaat tentunya bagi mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia ini.

Berikut daftar 18 SM-IAGI yang akan mengikuti acara GEOSC:

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Institut Teknologi Medan
  3. Universitas Islam Riau
  4. Universitas Sriwijaya
  5. Universitas Lampung
  6. Institut Teknologi Bandung
  7. Universitas Diponegoro
  8. Institut Teknologi Surabaya
  9. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  10. Universitas Padjajaran
  11. Universitas Jenderal Soedirman
  12. Institut Sains & Teknologi Akprind
  13. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional
  14. Universitas Gadjah Mada
  15. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  16. Universitas Brawijaya
  17. STTMIGAS Balikpapan
  18. Universitas Hasanuddin

Admin2 FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Follow Us On Instagram

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id