FGMI Mengadakan Seminar Sumpah Pemuda di Jakarta

Pembicara yang hadir dalam acara seminar.

Jakarta, FGMI Online – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI) bekerjasama dengan IAGI, HMGI, dan HMGF UI, menyelenggarakan diskusi panel dengan tema “Geosaintis Muda, Dedikasi Untuk Negeri” & “Nasionalisasi Sumber Daya Alam Indonesia” kemarin (28/10) . Acara yang diadakan di Kampus FMIPA UI ini mampu menarik antusias yang tinggi dari para geosaintis muda, terbukti selama selama diskusi berlangsung ruangan terisi penuh dan diskusi berjalan hangat.

Pembicara yang hadir dalam acara ini diantaranya Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Rovicky Dwi Putrohari, Sekjen Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Mailendra, Direktur ETTI, M.Syaiful, Mantan Ketua IAGI sekaligus Komisaris Independen PT Pertamina EP, Achmad Luthfi , Direktur Indonesia Resources Studies /IRESS, Marwan Batubara, Direktur SDM PT. Aneka Tambang, Achmad Ardianto, dan tokoh penting lainnya.

Acara dibuka dengan sambutan dari ketua FGMI, Bhaskara Aji, serta menampilkan video sejarah sumpah pemuda dan perjuangan selama masa penjajahan di Indonesia. Dalam sambutannya ketua FGMI juga mengajak pada kaum muda, untuk terus berjuang demi kemajuan bangsa dan negara.

Pernyataan Bersama IAGI- HAGI

Rovicky dalam materi yang dibawakannnya membahas tentang peran geosaintis muda dan ketahanan energi (migas) nasional. “Setiap gerakan pemuda itu harus ikhlas dan memerdekakan”, ujarnya. Dalam acara tersebut juga dibacakan pernyataan bersama IAGI dan HAGI tentang swakelola pengusahaan sumberdaya alam Indonesia. Pernyataan tersebut berisi enam saran konkrit bagi pemerintah Indonesia antara lain sebagi berikut:

  1. Melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi, institusi pendidikan dan organisasi profesi untuk mempertahankan kemampuan dan kaderisasi sumberdaya manusia Indonesia untuk pengelolaan sumberdaya alam secara profesional.
  2. Melibatkan organisasi profesi untuk melakukan evaluasi potensi sumberdaya alam di daerah baru atau pun di daerah yang akan habis masa kontraknya, sehingga dapat dihasilkan strategi pengelolaan sumberdaya alam yang bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat.
  3. Melakukan pembinaan yang terus menerus untuk kepatuhan pemenuhan komitmen kontrak yang sudah berjalan.
  4. Dalam kaitan kontrak kerjasama yang akan berakhir, semestinya pemerintah mengutamakan perusahaan nasional yang mampu mengelola secara profesional.
  5. Mengutamakan kegiatan eksplorasi untuk mengoptimalkan potensi sumberdaya alam Indonesia, dengan menggiatkan kegiatan riset dan penelitian yang melibatkan universitas, institusi riset dan organisasi profesi terkait.
  6. Mendorong perusahaan di bidang sumberdaya alam untuk melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia dalam rangka meningkatkan partisipasi investasi nasional di bidang sumberdaya alam.

Acara seminar ini merupakan serangkaian agenda kegiatan dari FGMI dalam tahun ini, FGMI sendiri merupakan wadah konumikasi kaum muda dalam bidang geosaintis yang telah dibentuk dalam acara PIT IAGI ke-41 di Yogjakarta beberapa waktu yang lalu. (aa/aa)

admin

Administrator website FGMI. Email : sekretariat@fgmi.iagi.or.id

Leave a comment

  • Jaringan

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id