FGMI Eksperience Sharing Knowledge III

Peserta acara FGMI ESK III yang terdiri dari para profesional muda serta mahasiswa.

Jakarta, FGMI Online – FGMI sukses menggelar Eksperince Sharing Knowledge (ESK) III di Bakrie Tower hari minggu kemarin (11/11).  Acara yang rutin diselenggarakan oleh FGMI ini menjadi ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman antar sesesama anggota FGMI. Tidak jarang juga FGMI menghadirkan pembicara yang telah berpengalaman dibidang terntentu, dalam ranah geosains, untuk berbagi pengalaman mereka.

Dalam ESK III kali ini menghadirkan tiga pembicara yang masing-masing membawakan topik yang berbeda. Antara lain, Gayuh Putranto dari PT Bumi Resource Mineral yang membawakan materi dengan judul “Porphyry Cu – Au Indonesia“, Fajar Setiawan dari MIcromine dengan tema “ Introduction to Geomodelling and Geostatistics in Mineral Deposits”, serta Aveliansyah dari Pertamina Hulu Energi ONWJ dengan tema “Deeper Exploration Target in Mature Field”.

Dalam materi yang dibawakan, Gayuh menjelaskan tentang definisi pophryry secara umum dan tektonic setting terbentuknya endapan porphyry, dan disertakan studi kasus di Batu Hijau Newmount.  Sementara Fajar Setiawan menjelaskan tentang cara membuat nilai dalam sebuah block modeling suatu endapan tubuh mineral. Dengan kata kunci yaitu bentuk,  kualitas dan kuantitas.  Dan dalam materi ketiga Aveliansyah menjelaskan tentang reinterpretasi data lama menggunakan ide dan konsep baru sehingga mendapatkan target – target baru di lapangan “X” dan “Y”.

Selama jalanya acara tampak peserta sangat antusias menyimak presentasi serta aktif dalam diskusi tanya jawab. Pertanyaan bervariasi tentang jenis mineral dan sistem porphyry, metode geostastistik yang digunakan dalam beberapa tahapan eksplorasi, serta tentang metode geofisika yang dilakukan dan interpretasi geologi.

FGMI yang dibentuk sebagai wadah bagi para profesional muda serta mahasiswa, bertekad dengan semangat yang tinggi mengadakan kegiatan positif seperti ini. Hal ini silakukan sebagai bagian dalam mewujudkan visinya, yaitu menjadi forum yang berperan terhadap pembentukan karakter, peningkatan kompetensi pemuda Indonesia, sehingga dihasilkan pemuda Indonesia yang siap bersaing di era globalisasi. Juga harapan terbesar dari FGMI yaitu kedepan semakin banyak peserta yang terlibat dalam sharing seperti ini. (aa)

admin

Administrator website FGMI. Email : sekretariat@fgmi.iagi.or.id

Leave a comment

  • Jaringan

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id