FGMI Basement Fractured Reservoir Course di UPN Yogyakarta

Langit Yogyakarta pagi itu begitu cerah, lebih kurang 60 mahasiswa geologi dan geofisika sudah berkumpul di Gedung Frederik Lasut, Kampus UPN Veteran Yogyakarta. Hari itu sedang diadakan acara kuliah tamu yang dihadiri oleh Aveliansyah (Ketua FGMI) atas undangan dari American Association of Petroleum Geologist (AAPG) dan Society of Exploration Geophysicist (SEG) UPN Student Chapter.

Pukul 08.15 WIB acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan kuliah tentang Basement Fractured Reservoir. Di awal presentasi, Aveliansyah menyampaikan sejarah migas nasional, kondisi saat ini, serta tantangan para ahli kebumian kedepannya untuk menemukan cadangan migas nasional yang baru. Di hadapan para mahsiswa tersebut Avel menyampaikan bahwa tantangan mereka ke depan mulai mengarah kepada unconventional play, salah satunya adalah Basement Fractured Reservoir.

Tiga poin utama yang disampaikan tentang konsep basement fractured reservoir meliputi definisi, klasifikasi, dan cara mendeteksinya. Dari pendapat berbagai ahli, dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi Basement Fractured Reservoir adalah semua batuan beku dan metamorf yang diselimuti oleh sedimen diatasnya secara tidak selaras, yang memiliki kemampuan untuk menyimpan dan melalukan fluida hidrokarbon. Untuk mendeteksinya bisa menggunakan data sumur (Image log, Core, ROP, Loss Circulation, Oil show, Total gas) dan data seismik (multiatribut: coherence, dip azimuth, curvature, variance, dan lain-lain).

Sesi diskusi berlangsung sangat dinamis, para peserta yang juga datang dari berbagai kampus geologi Yogyakarta sangat antusias dalam melemparkan pertanyaan kepada pemateri. Pukul 12.00 WIB acara kuliah tamu selesai, dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Foto-foto kegiatan FGMi course tentang Fractured Basement Reservoir di UPN "Veteran Yogyakarta
Foto-foto kegiatan FGMi course tentang Fractured Basement Reservoir di UPN “Veteran Yogyakarta

Admin2 FGMI

Leave a comment

  • Jaringan

  • Crown palace Blok C No. 28
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. No 231
    Tebet, Jakarta 12870

    Telp:(021) 83702848 - 83789431
    Fax: (021)83702848
    Email: sekretariat@fgmi.iagi.or.id